Sabtu, 14 November 2015

Pariwisata...

PARIWISATA

Pariwisata Merupakan Perjalanan Mengunjungi Suatu Objek Wisata Untuk Rekreasi Atau Hiburan . . .

Pariwisata ini dapat berupa Wisata Alam dan Wisata Budaya . . .
Wisata Alam Adalah Wisata yang memanfaatkan potensi alam sebagai daya tarik utamanya, sebagaimana yang diketahui Indonesia merupakan Negara dengan Wisata Alam yang Luar Biasa Banyaknya Dan Luar Biasa Indahnya . . . Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu :

a. Indonesia terletak di 3 zona subduksi lempeng utama dunia yaitu Lempeng Eurasia , Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia Hal ini menyebabkan Indonesia Rawan Sekali Dengan Fenomena Fenomena Tektonisme , yang dapat menyebabkan perubahan pada bentuk muka bumi.
    Termasuklah Didalamnya Pembentukan Bukit Barisan di Bagian Barat Pulau Sumatera yang menjadi daya tarik Wisata Tersendiri , salah satu bagian dari Bukit Barisan tadi Ialah Objek Wisata Bukit Khayangan yang terletak di Kota Sungai Penuh , Provinsi Jambi.

 Pesona Bukit Khayangan , Kota Sungai Penuh

b. Indonesia Dilewati oleh 2 Sirkum Pegunungan Dunia , Yaitu Sirkum Mediterrania dan Sirkum Pasifik ( Ring Of Fire ) , Yang Menyebabkan Indonesia dipenuhi oleh Ratusan Gunung Api Aktif maupun yang sedang Tidak Aktif . Hal Ini ibarat pedang bermata 2 ya , Disatu sisi ia dapat mengancam keselamatan Penduduk disekitarnya tetapi disatu sisi ia dapat menjadi keuntungan yang sangat bermanfaat yaitu sebagai lahan pertanian yang subur dan Daya Tarik Objek Wisata.
 Objek Wisata Gunung Kerinci , Kabupaten Kerinci
Yang merupakan Gunung Tertinggi di Sumatera ( 3805 mdpl )

c. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan panjang garis pantai terpanjang ketiga didunia, ini menyebabkan daerah pesisir dan pantai Indonesia yang sangat banyak .
Pantai Air Manis , Kota Padang

    Dan Masih banyak penyebab banyaknya wisata alam di Indonesia, 3 Penyebab diatas adalah penyebab yang dilihat secara geografis dan secara umumnya ... hehehe kebetulan saya adalah Akademisi Geografi :D

   Wisata Budaya adalah Wisata yang memanfaatkan Potensi Sosial Budaya Masyarakatnya sebagai Daya Tarik Utamanya . Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia merupakan Negara Multikultural yang sangat banyak memiliki keanekaragaman budayanya. Keanekaragaman budaya inilah yang dijadikan sebagai Daya Tarik Wisata...
Upacara Kenduri Sko , Kota Sungai Penuh
yang merupakan upacara adat Masyarakat Kota Sungai Penuh setiap 10 tahun sekali.

   Setelah menjelaskan tentang Wisata Alam dan Wisata Budaya , Selanjutnya kita akan membahas tentang Unsur Kepariwisataan. Unsur Kepariwisataan Mencakup 3 Hal, yaitu :
a. Something to See ( Sesuatu untuk dilihat )
b. Something to Do ( Sesuatu untuk dilakukan )
c. Something to Remember ( Sesuatu untuk dikenang )
Objek Wisata Danau Kaca , Kabupaten Kerinci .
    Di Objek Wisata ini kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa dari danau Kaca dan Kita Bisa Melakukan kegiatan berenang di Danau Kaca ini serta kita juga bisa Mengabadikan Moment Moment Indah disana dalam sebuah foto yang bisa dikenang . Jadi itulah 3 Unsur Kepariwisataan .

   Serta suatu Objek Wisata Harus Memiliki 7 Unsur Sapta Pesona, Yaitu :
a. Keamanan
b. Ketertiban
c. Kesejukan
d. Kebersihan
e. Keindahan
f. Ramah Tamah
g. Kenangan

   Baiklah , mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang Pariwisata ...
Lebih dan Kurang Saya Mohon Maaf & Thanks For Visiting :D
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar