Minggu, 15 November 2015

Continental Drift Theory

TEORI PERGESERAN BENUA . . .

   Teori Pergeseran Benua merupakan Teori yang Diajukan pada 1912 Oleh Ilmuwan Jerman Alfred Luther Wegener (1980-1930) Dalam Bukunya yang Berjudul "The Origin Of Continent And Ocean.
Alfred Luther Wegener
  

  Dalam Teorinya Ia Menyebutkan Tentang Pangaea dan Phantalassa . . .

     Lalu Ia Juga Menyebutkan tentang Laurasia dan Gondwana . . .

     Penasaran dengan Istilah Istilah Diatas ??
     Mari kita lihat tentang bagaimana Bumi dengan Benua Benuanya yang kita kenal Sekarang Ini Bisa Terbentuk melalui proses proses Tektonisme yang didapat dari tenaga Konveksi Dalam Bumi. . . .









  

  Pada 225 Juta Tahun yang lalu , Dibumi ada 1 Benua Raksasa yang Bernama PANGAEA dan 1 Samudra Raksasa yang Bernama PHANTALASSA










   25 Juta tahun Selanjutnya (200 Juta tahun lalu), Akibat Gaya Konveksi dari dalam bumi yang terus mendorong keluar, akibatnya Pangaea Pecah menjadi 2 Yaitu, LAURASIA Di Utara dan GONDWANA Di Selatan .




   
   50 Juta tahun selanjutnya (150 juta tahun lalu), Masih dengan penyebab yang sama yaitu Gaya Konveksi Bumi, LAURASIA pecah menjadi Amerika Utara dan Eurasia. Sedangkan GONDWANA pecah menjadi Amerika Selatan, Afrika, Australia dan Antartika.




   65 Juta tahun yang lalu, Amerika Selatan telah menjauhi Afrika dan Membentuk Samudra Atlantik serta India yang sebelumnya berada di Gondwana, Bergerak dengan cepat ke arah Laurasia dikarenakan oleh Massanya yang relatif ringan dibandingkan Daratan lainnya .


Dengan Gaya Konveksi bumi yang masih berlangsung Hingga saat ini, Terbentuklah Dunia yang kita kenal sekaran dengan 5 Benua berpenghuni dan 1 Benua tidak berpenghuni.
 Energi dari Gaya Konveksi ini masih mempengaruhi pergerakan Daratan di permukaan bumi , Seperti Greenland yang mendekati Amerika Utara 36m/tahun dan Madagaskar yang menjauhi Afrika 9m/tahun.

Dengan Begitu Di Bumi Sekarang Terdapat 5 Benua Berpenghuni dan 1 Benua tidak Berpenghuni , Yaitu :
  1. Benua Asia                                                                        1. Benua Antartika
  2. Benua Amerika
  3. Benua Afrika
  4. Benua Eropa
  5. Benua Australia

  Semoga Bermanfaat ! :D 

2 komentar: